CARA MUDAH MEMBUAT FUNGSI TERBILANG PADA EXCEL 2007

Ini bukanlah sebuah tutorial melainkan hanya berbagi pengetahuan yang tidak seberapa bagi yang memerlukan.
Awalnya ada seorang teman yang minta tolong dicarikan solusi agar bisa membuat keterangan terbilang dalam Excel agar mempermudah pekerjaannya membuat bukti keuangan. Usut punya usut info dari mbah google, akhirnya didapat beberapa tutorial yang sangat membantu. Thanks to all those kind hearted people who willing to help other.

Namun ada suatu permasalah, tutorial-tutorial tadi meskipun bukan muskil untuk difahami, tapi tetap sukar dicerna bagi sebagian besar orang. Contohnya adalah teman saya yang tadi itu. Buktinya ia terus saja bolak balik minta bantuan setiap kali ada masalah dengan fungsi excelnya itu. Setelah dipikir-pikir memang semua panduan yang ada sekarang cenderung bersifat sangat tekhnis dan masih agak kurang praktis. Jadi alangkah baiknya kalau aku coba buatkan sesuatu yan lebih praktis. Dan inilah hasilnya.
Langsung saja ke pokok permasalahan. Trik membuat nilai terbilang pada Excel 2007 adalah sangat simple mudah. Ini bukanlah hal yang baru dan berbeda dari yang lain, hanya mempermudah dan membuat lebih simple untuk dipraktekkan. Yaitu dengan memotong beberapa tahap yang dilalui dan langsung ke TKP.
Untuk membuat tulisan terbilang dari suatu angka secara otomatis (tanpa mengetik manual) dalam excel inilah caranya yang paling simple:
1. Download file addins excel untuk terbilang disini..
2. Simpan/save file tersebut di computer (misal di c:\My Documents)
3. Buka aplikasi Excel 2007 anda,
4. Masuklah ke office button (pojok kiri atas) – lalu klik tombol “Excel options”

5. Pilih tabs “Add-Ins”, lalu klik tombol “Go…” yang berada pada bagian bawah panel form.

6. Setelah muncul kotak berikut tekan pada tombol “Browse”.


7. Pilih direktori tempat anda menyimpan file unduhan tadi (misal di c:/My Documents)

8. Klik tombol “Ok” lalu akan muncul kotak berikut:


9. Klik Ok lagi untuk menyeselaikan proses pemasangan Add-Ins
Sekarang kita check apakah fungsi tersebut berfungsi. Untuk memakainya anda perlu mengetahui formulanya. Missal angka yang hendak anda buatkan terbilangnya ada di cell “A1”, maka formulanya adalah sebagai berikut:
=terbilang(A1,4,”Rupiah.”)
Penjelasan formula tersebut adalah sbb.:
1. A1 adalah cell tempat angka yang akan dikonversi ke nilai terbilang.
2. 4 adalah style case, anda dapat memilih 0,1,2,3,4 untuk menampilkan style penulisan yang berbeda.
3. “Rupiah.” Adalah text keterangan mata uang, dapat diganti dengan mata uang lain yang anda perlukan dengan cara manual.
Anda juga dapat mencoba cara lain dengan mengetikkan “=terbilang()” tanpa spasi, di cell edit bar seperti berikut, lalu tekan tombol “fx”
Maka akan muncul kotak dialog seperti berikut:

Coba masukkan nilai-nilai yang sesuai pada fungsi tersebut dan lihat hasilnya..

Trik ini tidak hanya berlaku untuk Excel 2007 melainkan untuk versi lain juga dengan prinsip yang sama. Yaitu anda harus mencari menu untuk menginstall Add-Ins baru. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
 

Mengubah Angka Menjadi Huruf / Terbilang

Secara default excel (baik generasi excel 2000, 2003, 2007 maupun 2010) tidak memiliki perintah terbilang. Perintah terbilang yang dimaksud disini adalah perintah atau formula untuk mengubah dari angka menjadi kata. Misalkan kita ingin mengubah angka 1,000 menjadi kata seribu, atau seribu rupiah. Kalau hanya sesekali mungkin tidak masalah kita ketik secara manual, bagaimana kalau harus berulang kali mengetikkannya, tentu merepotkan.
Untuk mempermudahnya, anda dapat menggunakan add-in yang ditambahkan sendiri.Download dulu add-in disini. Kemudian ekstrak dan install add-in tersebut. Sebelum install add-in, matikan dulu security macronya, supaya add-in ini bisa jalan.
Untuk Microsoft Office Excel 2000 dan 2003 :
  1. Buka Excel anda.
  2. Masuk ke Tools >> Macro >> Security
  3. Pilih Low kemudian OK
  4. Masuk ke Tools >> Add-ins >> Browse
  5. Arahkan ke file terbilang.xla yang sudah anda download sebelumnya
  6. Jangan lupa aktifkan (centang) terbilang pada daftar add-in
  7. Klik OK dan siap digunakan
Untuk Microsoft Office Excel 2007 dan 2010 :
  1. Buka Excel Anda
  2. Klik Office Button (tombol yang bulat di pojok kiri atas ) pilih Excel Options
  3. Pilih Trust Centre >> Trust Centre Settings >> Macro Settings
  4. Pada Macro settings pilih Enable All Macro kemudian klik OK
  5. Masuk ke Menu Add-Ins (Di atas True Center)
  6. Klik Go
  7. Browse dan arahkan ke file terbilang.xla yang sudah anda download sebelumnya.
  8. Jangan lupa aktifkan (centang) terbilang padadaftar add-in
  9. Klik OK dan siap digunakan.
Contoh penggunaannya :
Pada cell A1 ketikkan 1000
Untuk menghasilkan terbilang di  cell  A2, ketik rumus 
=terbilang(A1) 
akan menghasilkan kata seribu
=terbilang(A1)&” rupiah”
 akan menghasikan kata seribu rupiah
=proper(terbilang(A1)&” rupiah”) 
akan menghasilkan kata Seribu Rupiah
=upper(terbilang(A1)&” rupiah”) 
akan menghasilkan kata SERIBU RUPIAH
catatan :
Fungsi & digunakan untuk menggabungkan isi cell dengan formula atau dengan cell lain
Fungsi propper dilakukan untuk mengubah format kalimat menjadi huruf kapital tiap awal kata
Fungsi upper digunakan untuk mengubah format kalimat menjadi huruf kapital semua
sumber :http://biaseaje.wordpress.com/materi-komputer/mengubah-angka-menjadi-huruf-terbilang/

Menyisipkan Objek Clip Art Pada Word 2010


Ketika bekerja dengan sebuah naskah atau dokumen di Ms. Word 2010 terkadang Anda akan memerlukan tambahan objek pendukung agar naskah atau dokumen lebih menarik.

Pendukung naskah yang dimaksudkan mungkin saja diagram/grafik, equation, gambar atau Clip Art. Dalam Ms. Word 2010 kemampuan untuk menyisipkan objek semakin menarik dengan hadirnya fitur-fitur baru diantaranya Clip Art.

Objek Clip Art adalah objek dasar yang telah disediakan oleh Ms. Word yang dapat Anda sisipkan dalam dokumen.

Langkah-langkah untuk menyisipkan objek Clip Art adalah:

1. Pilih tab ribbon Insert lalu pada grup Illustrations pilih Clip Art untuk membuka jendela taks pane Clip Art

MICROSOFT WORD 2007: Fungsi Icon Tab Insert


Tab Insert digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen, bahkan ke internet.
insert-tab
Secara umum perintah yang terdapat di Ribbon Insert terdiri dari 7 Group perintah yang memiliki kesamaan fungsi. Beberapa Group yang terdapat di tab ini adalah: (1) Pages, (2) Tables, (3) Illustrations, (4) Links, (5) Header & Footer, ( 6) Text, dan (7) Symbols.

FUNGSI ICON PADA JENDELA MS WORD 2010

Microsoft Office Word 2010 (untuk selanjutnya disebut MS. Word saja) merupakan sebuah program aplikasi pengolah kata (Word Processor) buatan Microsoft Corporation. MS. Word 2010 merupakan hasil pengembangan dari beberapa versi sebelumnya. MS. Word tampil lebih user friendly dan sudah menggunakan ribbon sebagai standar baru dalam menampilkan menu-nemu tool. Berdasarkan klaim mereka, ribbon adalah sebuah inovasi yang kelak di masa mendatang menjadi sebuah standar bagi tampilan menu.
Bagi yang baru bermigrasi dari Word 2003 ke MS. Word 2010 tidak perlu panik dengan pemandangan yang begitu asing tersebut. Anda hanya perlu sedikit adaptasi dan setelah itu, Anda akan merasakan efisiensi dan kemudahan dalam bekerja. Bila Anda kurang percaya, silahkan buka MS. Word 2010, letakkan pointer mouse ke area area menu, kemudian putar tombol gulir. Apakah gerangan yang terjadi? Anda benar! Anda dapat membuka pintu akes ke setiap ribbon hanya dengan putaran tombol gulir saja.
Kembali ke masalah menu icon, MS. Word 2010 mengenal istilah tab, ribbon, dan group dalam menyajikan menu tool. Berbeda dengan Word 2003 dan sebelumnya yang hampir 100% dikuasai Kaum Bar-Bar (Menu Bar dan Toolbal).

A. Perbedaan antara Tab, Ribbon dan Group

Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab File, Insert, Page Layout, dll. Ribbon adalah sekumpulan menu dalam setiap Tab. Sedangkan Group adalah sekumpulan atau kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi.  Jadi, Tab menyediakan Ribbon, Ribbon terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi. Berikut ini ilustrasinya.

Widgets Back to Top Menggunakan Styles di Word 2007: Untuk Format Dokumen yang Konsisten

Fitur Styles dalam Microsoft Word memiliki banyak fungsi, antara lain:
  • Penggunaan Styles menjaga agar format dokumen tetap konsisten walau dikerjakan oleh beberapa orang.
  • Dapat melakukan sekumpulan format dengan hanya satu perintah sederhana.
  • Untuk membuat Daftar Isi (Table of Content).
  • Untuk dapat menggunakan Document Map.
Berikut tutorial cara menggunakan Styles, menghapus Styles, mengubah Styles serta membuat dan menambahkan Styles baru ke galeri Quick Styles.

CARA MEMBUET MAIL MERGE PADA MS.WORD 2007-2010

Seperti yang sudah diketahui oleh pengguna microsoft office 2007, banyak sekali perubahan tampilan toolbar pada microsoft word 2007. Bagi mereka yang agak malas atau mungkin tidak punya banyak waktu untuk belajar memahami word 2007 mungkin akan lebih baik kembali ke microsoft word versi klasik yang dirasa toolbar nya sudah familliar dengan mereka.
Cara membuat data dengan fasilitas mail marge pada microsoft word 2007 langkahnya tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan microsoft word versi klasik , microsoft word 2007 toolbarnya sangat berbeda dengan versi klasik. jadi di sini saya akan memandu menemukan toolbar-toolbar baru untuk penggunaan fasilitas mail merge. jadi di sini saya akan memandu menemukan toolbar-toolbar baru untuk penggunaan fasilitas mail merge.
mari kita mulai belajar bagaimana penggunaan mail mergei pada microsoft word 2007.

Mail Merge di Microsoft Word 2007

Mail Merge di Microsoft Word 2007

Mail Merge adalah fasilitas untuk membuat surat atau dokumen dalam jumlah banyak dengan isi dokumen sama tapi tujuan berbeda. Atau fasilitas untuk menggabungkan dokumen-dokumen yang berbeda. Mail Merge dapat membuat data field pada surat, label dan amplop terisi secara otomatis sesuai dengan record data sumbernya. Dengan mengunakan Mail Merge kita dapat membuat sebuah surat atau dokumen yang akan ditujukan kepada banyak penerima (recipients).

Mail Merge Untuk Membuat Label Undangan

Mail merge manfaatnya sangat banyak, diantaranya membuat label, surat, dan lain-lain, dimana sumber datanya bisa diambil dari file lain, semisal Excel, Access, bahkan Word itu sendiri. Pada kesempatan kali ini, marilah kita coba manfaatkan fasilitas Mail Merge untuk membuat label nama dan departemen pada daftar undangan menggunakan kertas label Tom & Jerry No.103, yang umumnya banyak dijual di toko-toko buku.
1. Pertama-tama, bukalah Microsoft Word 2007, kemudian pilih tab Mailings kemudian pilih Start Mail Label
à
labels.

Cabang Pembagian Ilmu Matematika

Taukah Anda bahwa Ilmu Matematika dibagi menjadi 5 cabang. Apa saja itu?
1) Arimatika. Semua hal tentang tambah, kurang, kali, bagi. Cabang Matematika yang paling sering digunakan dalam hidup ini, bahkan oleh orang yang tidak suka Matematika sekalipun!

2) Geometri.
Ilmu yang membahas bentuk, bidang, dan ruang suatu benda (terutama luas dan volume). Insinyur dan arsitek yang kompeten pasti menguasai cabang Matematika ini.

3) Aljabar.
Manipulasi operasi arimatika untuk mencari suatu nilai yang tidak diketahui (biasanya dinyatakan dalam variabel x dan y). Ahli komputer dan programming termasuk mereka yang wajib menguasai aljabar. Bahkan ketika kecil, Einstein mulai belajar matematika dari Aljabar ini.